Rabu, 17 Mei 2017

Ulasan1

Ulasan ini membahas video "Introduction to Cloud Computing" yang berdurasi 6 menit 41 detik. Video diunggah pada tanggal 9 April 2016 oleh channel "Cloud Academy". Link video ini adalah "https://youtu.be/Fgk6Jn00s2k". Terhitung 18 Mei 2017 pukul 8:14, video ini telah ditonton sebanyak 417 kali dan dikomentari sebanyak 0 kali.

Dijelaskan bahwa Cloud Computing bekerja dengan menggunakan teknik "Virtualization", yakni teknik yang membuat OS dan Software berjalan di atas sebuah software lain, yang disebut hypervisor, selayaknya OS dan Software tersebut berada di hardware biasa. Dalam Hypervisor itu dapat memiliki banyak Virtual Machine, yang masing-masing independent dan tak terkait satu sama lainnya. Nantinya akan ada sebuah network interface yang mengatur komunikasi antar sesama Virtual Machine ini dan Internet

Service Cloud Computing dapat dibagi menjadi tiga, yakni Software as a Service (Saas), Platform as a Service (PaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS). SaaS praktis namun kostumisasi terbatas oleh yang diperbolehkan software tersebut, contoh SaaS adalah Gmail. PaaS adalah Platform dimana user bisa mendeploy Software mereka sendiri. IaaS adalah servis dimana user dapat mengatur banyak Infrastructure, di sisi lain berarti butuh lebih banyak skill karena banyak low level administration yang harus user kerjakan sendiri.

Video ini sangat membantu karena memberikan informas yang jarang ada di video lain, yakni informasi mengenai teknik yang digunakan oleh Cloud Computing. Penjelasan mengenai Cloud Computing dari segi bisnsi dan kegunaan juga dijelaskan dengan baik, singkat dan menggunakan contoh yang familiar. Biarpun nada narator agak monoton, sedikit menggunakan visualisasi dan agak terlalu teknikal, secara umum informasi yang diberikan sudah dikemas dengan cukup komunikatif dan jelas.

Github Account : ElangT
URL Ulasan : https://os-ahmadelang.blogspot.co.id/2017/05/ulasan1.html
URL Video : https://youtu.be/Fgk6Jn00s2k
Video Author : Cloud Academy
Pemetaan : Week10
Revisi Pertama : 18 Mei 2017
Revisi Terakhir : 18 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar